Petani Sawit Swadaya Rasakan Manfaat Bersertifikat RSPO

Kompas.com - 25/05/2016, 09:45 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAMBI, KOMPAS.com - Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Tanjung Sehati, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Jambi merupakan satu dari tiga gabungan kelompok petani sawit swadaya di Indonesia yang telah mengantongi sertifikat Rountable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

GAPOKTAN Tanjung Sehati terdiri dari enam kelompok tani dengan total anggota sebanyak 214 orang, dengan hasil produksi tandan buah segar (TBS) rata-rata 5.500 ton per tahun.

Kepala GAPOKTAN Tanjung Sehati Jalal Sayuti mengatakan, sejak tahun 2014 GAPOKTAN Tanjung Sehati telah mendapatkan sertifikasi RSPO dengan total kebun seluas 316,57 hektare (Ha).

"Saat ini setelah mendapatkan sertifikasi RSPO, sangat banyak manfaat yang kami peroleh, diantaranya kami mendapatkan keterbukaan informasi baik dari pemerintah maupun pihak swasta, kami mendapatkan ilmu pengetahuan baru tentang sawit berkelanjutan, mendapatkan penjualan dari sertifikasi RSPO, serta bisa membeli aset tanah dan kebuh untuk organisasi kami," tutur Jalal, di Merangin, Jambi, Selasa (24/5/2016).

Jalal mengungkapkan, proses mengubah praktik berkebun menjadi konsep berkelanjutan memang tidak mudah.

Sejak 2006 GAPOKTAN Tanjung Sehati didampingi Yayasan SETARA terus mendorong pemberdayaan petani dengan penuh tantangan seperti traumatik organisasi, kondisi jalan dan akses transportasi yang tidak mendukung, serta akses pupuk yang susah didapat.

Selain itu, diakui Jalal, untuk mendapatkan bibit bersertifikat juga sangat sulit. Petani swadaya juga minim informasi harga TBS, dan minim pengetahuan perkebunan kelapa sawit.

"Memang menjadi suatu awal yang berat untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik," ucap Jalal.

Namun, proses panjang itu terbayar setelah mereka mendapatkan sertifikasi RSPO.

Jalal mengakui, memang soal harga tidak ada perbedaan antara ketika belum memiliki sertifikasi RSPO dan sesudahnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.