Lomba Durian Hingga Sambal Internasional Siap Warnai Gelaran Sail Selat Karimata

Kompas.com - 26/05/2016, 17:11 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meminta pagelaran Sail Selat Karimata tidak hanya acara seremonial.

Tetapi harus menjadi ajang yang mampu menumbuhkan persaingan.

Caranya kata dia, harus ada event-event perlombaan internasional yang mampu memancing perhatian media internasional.

"Kita adakan yacth internasional, kompetisi pertandingan yacht, akan diadakan internasional dragon boat di Kepulauan Riau, akan diadakan tradisional boat," ujar Rizal usai rapat koordinasi terkait Sail Selat Karimata di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Selain itu Rizal juga mengatakan akan ada perlombaan unik yakni lomba durian internasional dan lomba sambal internasional.

"Masa cuma durian Malaysia doang yang top, kita juga punya banyak gitu loh. Kami minta Menteri Perindustrian ajarin bagaimana mengemas duriannya sehingga bisa di ekspor, dipasarkan di dalam dan di luar negeri," kata menteri yang sohor lantaran aksi kepretannya itu.

"Akan ada kompetisi sambal, dan saya yakin Indonesia akan menang. Sambal kita enak-enak," ucap Rizal sembari tersenyum lebar.

Rencananya, launching Sail Selat Karimata 2016 akan diselenggarakan pada 1 Juni 2016.

Sementara acara puncaknya terdiri dari beberapa agenda, salah satunya di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada 15 Oktober 2016 mendatang.

Penyelenggaraan Sail Selat Karimata akan dilaksanakan di empat provinsi yakni Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Jambi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.