Kompas.com - 30/05/2016, 21:22 WIB
Tunanetra menyebrang zebra cross AutoblogTunanetra menyebrang zebra cross
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Boleh jadi, penantian panjang penulis pada akun di laman wordpress.com, Hadianti Ramadhani, bisa cepat terhenti lantaran ada pihak-pihak yang memberi peluang agar para penyandang tunanetra  mendapatkan pekerjaan layak di masyarakat.  Harus diakui, sejauh ini, penyandang disabilitas sedikit sekali mendapatkan perhatian untuk mampu mengubah jalan hidup mereka.

Data dari WHO, Bank Dunia, dan ILO menunjukan bahwa saat ini jumlah penyandang disabilitas di dunia diperkirakan sebesar 15 persen dari jumlah penduduk dunia atau sebesar 1 milyar orang. Lantas, paling sedikit terdapat 785.000.000  orang penyandang disabilitas masuk dalam usia kerja.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Pusdatin Kemensos sampai dengan 2010 jumlah penyandang disabilitas mencapai 11.580.117. Sedangkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan jumlah tenaga kerja penyandang disabilitas pada 2010 mencapai 7.126.409 orang yang terdiri dari tunanetra 2.137.923 orang, tunadaksa 1.852.866 orang, tunarungu 1.567.810 orang, cacat mental 712.641 orang, dan cacat kronis sebanyak 855.169 orang.

Catatan datang juga dari Rumah Internet Atmanto (Riat). Komunitas yang didirikan oleh Adam Atmanto dan Faiz Atmanto memberi pelatihan para penyandang disabilitas visual dengan teknologi. Bertempat di Riat di Jalan Pengadegan, Jakarta Selatan, hari ini sampai dengan 3 Juni 2016 digelar Batch Pertama dengan 10 peserta pelatihan. Materi pelatihan adalah penggunaan internet serta internet marketing. Diharapkan setelah pelatihan, peserta pelatihan dapat mempraktikan ilmunya dalam merintis pilihan masa depan sebagai internet-preneur atau bekerja sebagai karyawan, kata Amy Atmanto, salah satu penggerak Riat.

Pelatihan ini mendapatkan dukungan antara lain dari The Wahid Institute, Indosat Ooredoo, Bank Permata, dan Kartunet.  Semoga, pelatihan ini memberi terang harapan agar para penyandang tunanetra bisa menunjukkan potensi diri di dalam masyarakat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.