Menperin Inginkan Kawasan Industri Teduh dan Tak Lagi ‘Angker’

Kompas.com - 02/06/2016, 20:41 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin mengenakan topi produksi salah satu anggota Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) memberikan keterangan kepada awak media seusai menjadi pembicara pada acara Musyawarah Nasional HIPPI. Menperin mendorong pengusaha dan masyarakat turut memperkuat merek nasional dengan selalu bangga dan membeli produk Indonesia. PRMMenteri Perindustrian Saleh Husin mengenakan topi produksi salah satu anggota Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) memberikan keterangan kepada awak media seusai menjadi pembicara pada acara Musyawarah Nasional HIPPI. Menperin mendorong pengusaha dan masyarakat turut memperkuat merek nasional dengan selalu bangga dan membeli produk Indonesia.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak pengelola dan perusahaan yang mendirikan pabrik di kawasan industri menanam lebih banyak pohon sehingga mengubah lanskap kawasan menjadi lebih asri, teduh, nyaman dan tidak lagi terlihat tandus.

“Selama ini kalau kita perhatikan, kawasan industri itu terkesan gersang, panas, kaku bahkan ‘angker’ karena keberadaan bangunan pabrik-pabriknya. Saya yakin dengan menanam dan memelihara pohon maka kesan itu akan berangsur hilang dan bahkan meningkatkan produktivitas pekerja,” kata Menperin usai melakukan penanaman pohon rasamala di kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/6/2016).

Menperin juga meminta Himpunan Kawasan Industri mengajak pengelola dan perusahaan yang beroperasi di kawasan industri di Indonesia turut melakukan penghijauan.

Menurut catatan Kemenperin, saat ini terdapat 74 kawasan industri di Indonesia dengan total luas lahan mencapai 30.000 hektare. 

“Jika langkah yang sama ini dilakukan oleh banyak pihak dari individu hingga korporasi, maka kontribusi bagi lingkungan global terhitung besar. Kita lakukan dari menanam bibit dan tidak terasa 5-10 tahun lagi akan begitu rindang,” ujarnya.

“Gerakan tanam pohon ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan komitmen pengembang dan pengelola kawasan industri terhadap pelestarian lingkungan,” ujar Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar. 

Dalam Hari Lingkungan Hidup ini, KIIC bekerja sama dengan Kemenperin dan HKI mengajak semua kalangan menanam 400 bibit pohon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu juga didistribusikan 2.100 bibit untuk ditanam di Desa Wanakerta, Karawang. 

Kemenperin menyatakan kawasan industri menjadi bagian dari penguatan daya saing karena kemajuan sektor industri harus didukung dengan penyediaan lokasi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas infrastruktur pendukung industri.

“Kawasan industri menyumbang sekitar 40 persen dari nilai total ekspor non-migas dan menarik investasi sekitar 60 persen dari total investasi sektor industri serta sekaligus memberikan kontribusi yang sangat besar dalam penerimaan negara dalam bentuk berbagai macam pajak,” jelas Menperin. 

Pada tahun 2035, diharapkan persentase penyebaran industri di luar Jawa meningkat menjadi 40 persen dari persentase saat ini yang sebesar 27,22 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.