Ekonomi Dunia Melambat, BI Estimasi Pertumbuhan Ekonomi di 5,0-5,2 Persen

Kompas.com - 03/06/2016, 07:35 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5,0 persen - 5,2 persen tahun ini.

Walaupun begitu, bank sentral ini masih mempertahankan estimasi resmi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,0 persen-5,4 persen tahun ini.

"Jadi sekarang itu (proyeksi) mengarahnya ke bawah," kata Gubernur BI Agus Martowardojo saat ditemui usai rapat terkait Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2016 di Banggar DPR RI, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Estimasi BI ini berbeda dengan estimasi pertumbuhan ekonomi dari pemerintah yang sebesar 5,3 persen.

Apa penyebab pergeseran estimasi BI ini?

Menurut Agus, penyebabnya adalah perlambatan ekonomi dunia yang menyebabkan ekonomi Indonesia ikut melambat. Perlambatan ekonomi menyebabkan permintaan akan produk Indonesia rendah, sehingga kinerja ekspor juga lemah.

Akibatnya, pada kuartal I 2016, ekonomi Indonesia hanya tumbuh 4,92 persen. Sementara di kuartal IV 2015, pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen yang didorong belanja pemerintah di akhir tahun.

"Kami juga amati kuartal pertama 2016 itu kan ada pelemahan dari industri jasa dan juga industri konstruksi," ujar Agus.

Agus menambahkan, ke depan keadaan ekonomi masih ada pelemahan. Dia berharap pengeluaran pemerintah yang didukung oleh pihak swasta akan meningkat, sehingga pertumbuhan ekonomi membaik.

Bagaimana caranya?

Menurut Agus, pemerintah harus menguatkan industri dalam negeri agar bisa mampu bersaing di tengah pelemahan ekonomi yang kini sedang dihadapi. "Indonesia memang perlu meningkatkan daya saing," ucap Agus.

 

Kompas TV Ekonomi Indonesia "Diwarnai" Tantangan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.