Jelang Mudik, Kemenhub Periksa 8.000 Bus AKAP

Kompas.com - 06/06/2016, 16:23 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan pengecekan bus dalam rangka persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran mulai hari ini.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Sinaga mengungkapkan, ada sekitar 8.000 bus yang akan dicek di Jabodetabek.

"Bus yang diperiksa oleh BPTJ adalah bus AKAP saja," ujar Elly di Jakarta, Senin (6/6/2016).

Menurut Elly, pemeriksaan kendaraan atau ramp check dilakukan mulai 6-24 Juni 2016.

Tujuannya, untuk memastikan keselamatan angkutan umum jalan saat Lebaran nanti.

Pemeriksaan kendaraan meliputi pemeriksaan sistem penerangan, ban, alat kemudi, komponen pendukung (spidometer, spion, wiper, klakson), perlengkapan kendaraan (sabuk keselamatan, ban cadangan, dongkrak, pembuka roda).

Ada lagi bagian tanggap darurat (pintu darurat, jendela darurat, alat kendali darurat, fasilitas kesehatan, alat pemadam api ringan), dan bagian badan kendaraan (pintu keluar masuk penumpang, pintu keluar masuk pengemudi, kondisi kaca jendela).

Selain kendaraan, Kemenhub juga akan memeriksa para pengemudi diantaranya kondisi fisik, waktu kerja, dan waktu istirahat.

Ramp check akan berlangsung di sembilan terminal utama angkutan Lebaran yakni Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, Pulogadung, Bekasi, Baranangsiang, Depok, Rawamangun, Poris Plawad, dan Pondok Cabe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.