Kebutuhan Uang Periode Ramadhan dan Idul Fitri Didominasi Jabodetabek

Kompas.com - 06/06/2016, 17:22 WIB
Ilustrasi uang THR. Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi uang THR.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi kebutuhan uang tunai untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri 2016 mencapai Rp 160,4 triliun.

Meskipun demikian, sebaran kebutuhan uang untuk periode bulan suci dan hari raya tersebut tetap terkonsentrasi di kawasan Jabodetabek.

Data yang dipublikasikan Departemen Pengelolaan Uang BI melaporkan, kebutuhan uang untuk kawasan Jabodetabek mencapai Rp 41,5 triliun.

Dalam menyediakan uang tunai untuk masyarakat, bank sentral menyediakan lokasi penukaran uang di Lapangan IRTI, Monumen Nasional.

"Di Jakarta kami mengadakan tempat penukaran uang di Monas dan kerjasama dengan 20 bank, yakni di 200 kantor bank. Mereka akan melayani penarikan dan penukaran uang secara umum," ujar Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi di Jakarta, Senin (6/6/2016).

Sementara itu, kebutuhan uang tunai di kawasan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara mencapai Rp 9,6 triliun.

Di kawasan Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi, kebutuhan uang tunai mencapai Rp 12,6 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun kebutuhan uang tunai di Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, serta Bangka dan Belitung (Babel) mencapai Rp 10,2 triliun.

Di Jawa Barat dan Banten, kebutuhan uang tunai mencapai Rp 14,6 triliun, Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai Rp 21,2 triliun, serta Jawa Timur mencapai Rp 19,9 triliun.

Untuk kawasan Kalimantan, kebutuhan uang tunai mencapai Rp 11,3 triliun. Adapun Bali dan Nusa Tenggara mencapai Rp 6,6 triliun serta Sulawesi, Maluku, dan Papua mencapai Rp 12,6 triliun.

"Berdasarkan sebaran wilayah, selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, outflow tertinggi berada di pulau Jawa, yakni 33 persen, Jakarta 28 persen, dan Sumatra 20 persen," terang Suhaedi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.