Agar Tak Dimainkan Tengkulak, Susi Minta Nelayan Bentuk Koperasi

Kompas.com - 07/06/2016, 08:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti meminta nelayan membentuk koperasi, agar hasil tangkapan mereka tidak dihargai seenaknya oleh para tengkulak.

"Buat KUD. Semua hasil nelayan masuk KUD, dilelang. Pembeli datang, masuk ke situ. Supaya apa? Supaya harganya tidak dimainkan oleh para tengkulak. Itu pesan saya," kata Susi kepada nelayan, saat kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Senin (6/6/2016).

Susi mengatakan, potensi perikanan Labuan Bajo masih banyak yang belum digarap. Alasannya, produk domestik bruto perikanan di wilayah timur Indonesia itu masih di bawah rata-rata nasional, yang sebesar 8,96 persen.

Susi juga berpesan kepada nelayan, agar upaya perikanan tangkap di wilayah tersebut sejalan dengan pembangunan wisata. Cara-cara penangkapan ikan yang tidak betul, seperti dengan portas dan bom ikan harus dihentikan.

"Setelah pertemuan ini, buat koperasi supaya kita bisa memberikan bantuan. Karena bantuan 2016 itu hanya bisa diberikan kepada koperasi. Kita tidak bisa memberikan kapal kepada KUB-KUB," lanjut Susi.

Susi meminta Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang ada diubah menjadi koperasi. Sebab, dengan diubah menjadi badan hukum koperasi, maka bisa dimintai pertanggungjawabannya.

Kompas TV Gelombang Tinggi, Nelayan Diminta Tak Melaut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.