Industri Mamin Berskala Menengah ke Bawah Tumbuh Subur di Gresik

Kompas.com - 07/06/2016, 11:00 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorAprillia Ika

GRESIK, KOMPAS.com – Industri Makanan dan Minuman (Mamin), memang menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mencatat, saat ini setidaknya ada sekitar 1.600 industri Mamin berskala menengah ke bawah yang berkembang di Kota Giri.

“Memang ada yang sudah mati dan tidak berproduksi lagi. Namun, banyak pula yang lahir dan tumbuh menjadi besar," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Farmasi dan Mamin Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik Sya’i, Senin (6/6/2016).

Menurut catatan Pemkab Gresik, sepanjang Januari-Maret 2016 kemarin, sebanyak 160 usaha baru Mamin sudah mengajukan dokumen permohonan untuk membuka usaha.

Menurut Sya'i, para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Mamin memang unik dan kreatif. Mereka menghasilkan beragam produk yang menarik, di mana dari sisi kemasan, juga tidak kalah bersaing bila dibanding dengan daerah lain.

“Sehingga tidak mengherankan, jika di tahun ini ada dua investor luar daerah yang menyatakan, bakal membantu memasarkan produk Mamin di Gresik,” jelasnya.

Menurut Sya’i, untuk IKM Mamin di Kabupaten Gresik, sejauh ini masih didominasi oleh jenis minuman. Produk berbahan ikan juga mendominasi. Selain itu, ada banyak pula jenis kue.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari 160 IKM baru yang sudah mengajukan permohonan izin usahanya, sebanyak 20 persen merupakan IKM Mamin yang memproduksi minuman tradisional, dengan berbahan baku temulawak dan kencur.

"Kami memang bekerja sama dengan Diskoperindag (Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan), mendorong pertumbuhan pelaku usaha. Salah satunya memberikan kemudahan dan bimbingan, terkait pembuatan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT),” beber Sya’i.

Ia lantas memaparkan, jika program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diterapkan, memang sedikit membawa perubahan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.