Kompas.com - 08/06/2016, 11:33 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorAprillia Ika

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi akan memperkenalkan pajak baru pada produk tembakau dan minuman bergula seperti soda. Ini merupakan upaya dalam meningkatkan penerimaan negara dan menggeser perekonomian negara tersebut dari minyak.

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan rencana pengenaan pajak tersebut pada Selasa (7/6/2016) waktu setempat.

Dengan pajak itu, maka pemerintah ingin meningkatkan penerimaan non-minyak dan memangkas porsi anggaran yang dibelanjakan pada upah.

Meskipun pajak penghasilan dan barang dasar tidak termasuk dalam rencana, namun pemerintah Arab Saudi berencana pula untuk memperkenalkan pajak transportasi dan biaya retribusi bandara.

Hal ini diungkapkan oleh John Sfakianakis, penasihat pemerintah Arab Saudi dan direktur riset ekonomi Gulf Research Center.

Pajak penjualan sebesar 5 persen juga akan diberlakukan di Arab Saudi dan negara-negara lainnya di kawasan Teluk Arab pada tahun 2018.

Arab Saudi tengah susah payah bergerak menjauh dari minyak setelah harga minyak mentah anjlok menjadi sekitar 50 dollar AS per barel dalam dua tahun dari sebelumnya 100 dollar AS per barel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerajaan itu menggantungkan sekitar 80 persen penerimaan negara dari minyak. Akibatnya, defisit anggaran mencapai hampir 100 miliar dollar AS pada tahun 2015.

Arab Saudi pun telah memangkas subsidi energi dan meminjam uang untuk menyeimbangkan APBN. Pun Arab Saudi akan menjual obligasi pemerintah untuk pertama kalinya, dengan harapan meraup dana 15 miliar dollar AS. 

Kompas TV Pertama Kali Perempuan Diperbolehkan Ikut Pemilu Di Arab Saudi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN Money
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.