Rhenald Kasali
Guru Besar Manajemen

Akademisi dan praktisi bisnis yang juga guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sejumlah buku telah dituliskannya antara lain Sembilan Fenomena Bisnis (1997), Change! (2005), Recode Your Change DNA (2007), Disruptions, Tommorow Is Today, Self Disruption dan The Great Shifting. Atas buku-buku yang ditulisnya, Rhenald Kasali mendapat penghargaan Writer of The Year 2018 dari Ikapi

Menanti Detik-Detik Peluncuran Satelit Archipelago BRIsat

Kompas.com - 08/06/2016, 15:18 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorBambang Priyo Jatmiko

KOMPAS.com - Saya sedang berada di Paris dalam perjalanan menuju Cayenne, French Guyana di dekat Venezuela.

Putra saya, Adam, yang sedang kuliah di Amerika Serikat bahkan sudah lebih dulu terbang ke Cayenne. Bahkan ia sudah sampai ke area dekat Kurou. Sebagai fotografer (dia pernah magang di Harian Kompas), kakinya gelisah begitu melihat potensi obyek foto.

Dari bandara Cayenne, rencananya kami akan pergi ke Guyana Space Center, menyaksikan peluncuran satelit milik bank pertama di dunia: BRIsat.

Rekan-rekan saya, ilmuwan asal Prancis begitu bersemangat. Maklum, mereka tahu persis Indonesia adalah negeri kepulauan terbesar dan terpanjang di dunia.

Quality Control

Pembicaraan terputus saat putra saya mengabarkan dari Cayenne bahwa peluncuran masih baru akan diluncurkan beberapa hari. Waktu saya tanya, ia menjelaskan begini: “Wajar, ini barang teknologi, quality control-nya ketat. Begitu ada sedikit anomali, mereka periksa lagi.”

Anomali itu ada pada tahap persiapan yang menemukan adanya kelemahan aliran bahan bakar antara satu elemen dengan elemen lainnya. Jadi masalah teknis saja.

Alhasil, rencana mempercepat peluncuran yang semula ditargetkan Juli yang akan datang, mungkin masih bisa dilakukan pada bulan puasa ini. Namun, namanya juga teknologi, ketekunan dan kehati-hatian besar amat dibutuhkan.

Kalau ini bisa dilaksanakan, maka ini hadiah Lebaran yang bagus buat bangsa Indonesia dari BUMN-nya, selain Terminal 3 Ultimate bandara Soekarno Hatta yang Insya Allah akan dioperasikan segera.

Akhirnya kita punya bandara kelas dunia juga yang tak kalah dengan negri tetangga. Juga kita saksikan bank nasional kita unjuk gigi dengan satelit barunya yang membuat transaksi amat efisien.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.