Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendesa Alokasikan 90 persen Anggaran untuk Program Strategis

Kompas.com - 08/06/2016, 16:40 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk merealisasikan program-program prioritas, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar melakukan refocusing anggaran secara radikal.

Hasil refocusing berhasil mengalokasikan 90 persen anggaran kementerian hanya untuk program-program strategis.

Refocusing tahun anggaran 2016 ini sangat mendasar. 90 persen alokasi anggaran dialokasikan untuk membiayai program strategis dan konkret, serta mendukung pencapaian kinerja kementerian, sedangkan biaya gaji dan dukungan birokrasi hanya 10 persen saja,” ujar Menteri Marwan dalam keterangan resminya, Rabu (8/6/2016).

Menteri Marwan memangkas beberapa anggaran secara signifikan, seperti biaya perjalanan, operasional, dan program-program yang belum menjadi prioritas pada tahun 2016.

“Kita benar-benar mengevaluasi anggaran yang benar-benar dibutuhkan dan yang tidak terlalu penting. Anggaran kita fokuskan pada program-program besar saja agar program berjalan secara maksimal dan tercapai,” ujarnya.

Menteri Marwan juga menetapkan kebijakan Tri Matra Pembangunan Desa, di antaranya Jaring Komunitas Wiradesa, Lumbung Ekonomi Desa, dan Lingkar Budaya Desa.

"Tri Matra Pembangunan Desa ini bertujuan untuk menjadi acuan pelaksanaan program dan anggaran secara lebih terfokus dan efisien," ujar Marwan.

“Pemanfaatan dana tersebut diorientasikan sebesar-besarnya bagi desa sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2016. Dana desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com