Mentan Tidak Masalah Jika Swasta Ramaikan Impor Daging

Kompas.com - 09/06/2016, 12:30 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mencapai kesepakatan dengan Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (APFINDO) harga daging sapi hidup di harga Rp 38.000 per kilogram. Dok KementanMenteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mencapai kesepakatan dengan Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (APFINDO) harga daging sapi hidup di harga Rp 38.000 per kilogram.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengatasi fluktuasi harga daging sapi pemerintah saat ini tengah mengimpor 27.400 daging sapi untuk Ramadan dan Lebaran 2016.

Dalam rencana impor daging sapi kali ini, pemerintah mengizinkan swasta ikut ambil bagian dalam 27.400 ton daging sapi impor.

"Kuota swasta lebih dari 20 ribu ton pokoknya," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Mentan menjelaskan, keterlibatan swasta tidak melanggar Permentan, karena ini keputusan rapat koordinasi terbatas (Rakortas) antara Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian BUMN.

"Kalau setuju di rakortas itu bisa jalan. Jadi itu keputusan di sana, biar ada Permentan, Permendag, tapi kalau ada rakortas itu bisa jadi keputusan special. Jadi langsung kita putusin bersama," tambah Mentan.

Menurutnya, dengan terlibatnya swasta dalam rencana impor agar terjadi suasana kompetisi yang positif antara swasta dengan BUMN dan BUMD.

"Enggak usah sanksi, kita cerita bagaimana dia (daging) turun dan kelihatan bagaimana dia pengusaha bisa melakukan hal itu. Kita akan awasi ini," jelasnya.

Sementara itu, Amran mengatakan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kuota impor daging sekitar 15.000 ton, lebih kecil dari swasta.

Kompas TV Sapi Impor Datang Pertengahan Juni
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.