Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala BPS: Harga Beras Bisa Jadi Pemicu Utama Inflasi di Juni

Kompas.com - 15/06/2016, 10:45 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan harga pangan menjadi pendorong utama terhadap inflasi pada Juni 2016. Harga pangan itu terutama pada harga beras yang bisa memicu inflasi.

"Angkanya belum tapi sampai minggu pertama memang beras yang tadinya turun agak sedikit naik. Artinya ada beberapa yang tadinya masih turun, minggu akhir Mei masih banyak yang turun. Tapi minggu pertama (Juni) ada yang tadinya turun trus meningkat. Paling sekitar 0 koma sekian secara rata-rata," kata Suryamin di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Suryamin menjelaskan harga beras bisa memicu inflasi karena panen raya sudah mulai berakhir. Harga gabah juga di level petani sedang mengalami kenaikan sebulan lalu. Sehingga Itu bisa berdampak inflasi pada bulan Juni.

"Tapi kan kalau beras Bulog sudah mengantisipasi (harga beras) sejak awal. Membeli pada saat panen raya sehingga stoknya masih ada. Tinggal bagaimana nanti operasi pasarnya yang dilakukan pada saat-saat yang tepat," ucap Suryamin.

Namun, kenaikan harga-harga pangan tersebut masih dalam batas normal. Sehingga tidak akan menimbulkan gejolak.

"Kami tidak memprediksi berapa pastinya (inflasi Juni). Tapi sudah ada beberapa komoditi menunjukkan kenaikan. Itu juga kenaikannya masih dalam batas-batas terkontrol tidak langsung melejit," pungkas Suryamin.

Kompas TV Kenaikan Harga Cabai Gerek Inflasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com