Kompas.com - 15/06/2016, 11:00 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (14/6/2016) Yoga Sukmana/Kompas.comMenteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (14/6/2016)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia akan mengoperasikan tower air traffic control (ATC) portabel di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Sokarno-Hatta.

Menurut Direktur Operasi LPPNPI Wisnu Dardjono, keputusan penggunaan tower portabel diambil setelah Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengunjungi Terminal 3 Ultimate.

"Namanya mobile tower," ujar Wisnu di Kantor LPPNPI, Tangerang, Selasa (14/6/2016).

Ia menuturkan, pengunaan tower portabel itu hanya untuk sementara waktu saja sampai sistem radar atau tower baru dibangun.

Tower potabel bukan teknologi baru untuk LPPNPI. Sebab sejumlah bandara juga sempat menggunakan tower untuk keperluan darurat itu.

Nantinya tower portabel itu akan ditempatkan disekitar Terminal 3 Ultimate. Tugasnya, mastikan kondisi apron dan melaporkannya ke ATC di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Mobile tower tidak akan mengganggu (penerbangan) hanya dibangun di pinggir saja. Ukuranya sebesar kontainer saja dan tingginya 2 kali pesawat lah," kata Wisnu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usai tinjauan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, terkuak fakta bahwa apron Terminal 3 Ultimate ternyata tidak bisa dilihat langsung dari tower ATC.

Padahal lalu lintas di apron diarahkan oleh petugas ATC. Awalnya, AP II dan LPPNPI sepakat menggunakan CCTV untuk memantau pergerakan pesawat di apron Terminal 3 Ultimate.

Namun, Jonan menilai penggunaan CCTV bukan solusi tepat. Akhirnya, Jonan, Dirut AP II Budi Karya Sumadi, dan Dirut LPPNPI Bambang Tjahjono rapat bersama dan memutuskan menggunakan tower portabel untuk sementara waktu.

Kompas TV Terminal 3 Ultimate Siap Beroperasi Saat Lebaran
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.