Gara-gara Apron T3 "Ultimate", Bandara Soekarno-Hatta Akan Punya Dua "Tower" ATC

Kompas.com - 15/06/2016, 14:00 WIB
Seorang petugas membersihkan depan area check in Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERASeorang petugas membersihkan depan area check in Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Angkasa Pura II akan membangun tower air traffic control (ATC) khusus untuk Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dengan begitu, maka bandara terbesar di Indonesia itu akan memiliki dua tower ATC.

"AP II janji itu ke Pak Menhub secepatnya (tower ATC dibangun)," ujar Direktur Operasi Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Wisnu Dardjono di Tangerang, Selasa (14/6/2016).

Menurut dia, keputusan itu diambil seusai Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau terminal baru tersebut. Dalam tinjauannya, Jonan mempertanyakan apron Terminal 3 Ultimate tidak bisa dilihat langsung oleh tower ATC.

Seperti diketahui, semua pergerakan pesawat di airside bandara yakni run way, taxi way, dan apron dipandu oleh petugas ATC. Meski bisa menggunakan CCTV, tapi Jonan menilai hal itu bukan solusi.

"CCTV itu kelihatan di tower tapi Pak Menhub mensyaratkan lagi untuk tetap dibangun sesuai regulasi," kata Wisnu.

Di bandara-bandara internasional, penggunaan dua bahkan 3 tower ATC sudah lumrah.

Biasanya tower-tower tersebut dibangun untuk mengatur penerbangan di bandara yang memiliki banyak runway atau apron luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara di Indonesia, belum ada bandara yang memiliki lebih dari 1 tower ATC. Meski begitu, ada bandara yang menggunakan tower perganggi karena tower ATC sedang diperbaiki atau dibangun.

Kompas TV Terminal 3 Bandara Soetta Berkelas Dunia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.