Mentan Resmikan Toko Tani Indonesia Center di Pasar Minggu

Kompas.com - 15/06/2016, 14:45 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat meninjau bazar Ramadhan di pelataran parkir Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (15/6/2016) Yoga Sukmana/Kompas.comMenteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat meninjau bazar Ramadhan di pelataran parkir Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (15/6/2016)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menghadapi persoalan fluktuasi harga komoditas pokok pemerintah mukai gencar membangun Toko Tani Indonesia (TTI). Saat ini Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman telah meresmikan TTI di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

TTI menjual berbagai jenis komoditas pokok seperti beras, daging sapi, ayam, minyak goreng, cabai merah, bawang merah dan bawang putih serta gula pasir.

"Pada hari ini kita jual daging segar dan frozen kemudian bawang bawang putih dan merah, ayam, gula pasir, minyak goreng dengan harga dibawah pasar," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat peresmian Toko Tani Indonesia Center di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2016).

Dari pantauan Kompas.com Toko Tani Indonesia menjual daging sapi Rp 75.000 kilogram, gula pasir Rp 12.000 kilogram, daging ayam Rp 30.000 kilogram, bawang merah Rp 23.000 kilogram, bawang putih Rp 22.000 kilogram, beras premium Rp 7.900 kilogram, dan minyak goreng Rp 9.500/liter.

Masyarakat mulai berkerumun yang didominasi oleh ibu-ibu yang ingin yang berbelanja dengan harga yang terjangkau.

Mentan menjelaskan, berbagai komoditas pokok yang ditawarkan TTI dengan harga murah lantaran penjualan dilakukan langsung oleh produsen bersama TTI dan berbagai produsen swasta di Indonesia.

Beberapa pihak yang terlibat dalam TTI antara lain Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian BUMN menggandeng Inkopol, Artha Ghaha Peduli, Charoon Pokphand, Japfa Comfeed, sieradproduce, Fajar Mulia Transindo serta Asosiasi Minyak Goreng Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, saat ini TTI Center Pasar Minggu akan berjalan terus menerus bukan hanya saat puasa dan lebaran. Mentan menjelaskan, mulai hari ini akan ada 1.000 TTI yang tersebar berbagai di Indonesia.

Tahap awal, ditargetkan TTI akan membuka pasar murah rutin setiap hari sampai akhir tahun 2016, dan direncanakan akan dipermanenkan jika penjualan langsung tersebut bisa berjalan dengan baik.

Kompas TV Mentan Sebut Alasan Harga Daging Sulit Turun
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.