Kurangi Utang, Saratoga Lakukan Pembelian Kembali Obligasi

Kompas.com - 15/06/2016, 15:32 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) memutuskan untuk mengurangi utang dengan cara melakukan pembelian kembali obligasi tukar atau Exchangable Bonds (EB) yang dikeluarkan oleh Delta Investment Horizon Ltd sebesar 17,3 juta dollar.

Direktur keuangan Saratoga, Jerry Ngo mengatakan, pembelian kembali yang dilakukan pada bulan Mei tahun ini diikuti dengan pembatalan surat utang dari seluruh EB yang telah dibeli kembali tersebut.

Sehingga, jumlah pokok jaminan atau Guaranteed Exchangable Bonds yang masih terhutang telah berkurang dari total 100 juta dollar menjadi 82,7 juta dollar.

"Keputusan manajemen membeli kembali EB ini memberikan dampak positif kepada arus kas sebesar 2,7 juta dollar serta mengurangi jumlah utang perseroan," ujar Jerry di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Disamping itu, Jerry juga mengungkapkan, pada kuartal pertama tahun 2016, Saratoga berinvestasi di sektor rantai pasokan logistik dengan temperatur atau cold-chain logistic tertentu dengan mengakuisisi saham PT Mulia Bosco Logistik.

"Transaksi tersebut memberikan peluang yang sangat baik bagi Saratoga dalam membangun platform pertumbuhan uang lebih kuat di sektor cold-chain logistic," terangnya.

Selain itu, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) juga memutuskan, pada pertengahan tahun 2016, perseroan akan memulai menerapkan laporan keuangan berdasarkan pernyataan database akuntansi keuangan (PSAK) 65 - pengecualian konsolidasian, yang mulai berlaku efektif sejak 1 Januari 2015.

"Penerapan PSAK 65 diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas dan akurat akan kinerja perseroan yang merefleksikan model bisnis Saratoga dalam melalukan investasi," pungkas Jerry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.