Ludes, Stok Minyak Goreng Toko Tani Indonesia di Pasar Minggu

Kompas.com - 16/06/2016, 21:47 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Bersama Direktur PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) Suaimi Suriady, saat meninjau Pabrik Minyak Goreng di Jakarta Utara, Jumat (3/06/2016). Pramdia ArhandoMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Bersama Direktur PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) Suaimi Suriady, saat meninjau Pabrik Minyak Goreng di Jakarta Utara, Jumat (3/06/2016).
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian bersama Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, dan BUMN telah bersinergi secara bersama-sama mengatasi persoalan harga komoditas pokok di Indonesia. Toko Tani Indonesia (TTI) menjadi barang baru dalam persoalan pangan di Indonesia. TTI seperti yang digaungkan oleh Menteri Pertanian menjadi solusi ditengah sengkarutnya tata kelola pangan.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan, TTI menjual berbagai komoditas pokok yang ditawarkan dengan harga murah lantaran penjualan dilakukan langsung oleh produsen bersama TTI dan berbagai produsen swasta di Indonesia.

Nyatanya pada baru satu hari peresmian, stok minyak goreng di Toko Tani Indonesia sudah habis terjual. Hal ini terungkap setelah Menteri Amran Sulaiman mendapatkan laporan dari masyarakat yang sedang berbelanja di TTI Pasar Minggu. "Pak ini gimana pak masak minyaknya udah habis, padahal banyak yang mau beli," ujar salah seorang Ibu yang tengah mengantre bawang putih di TTI, Kamis (16/6/2016).

Mendengar laporan tersebut Mentan langsung menuju stand minyak goreng Bimoli untuk menindak lanjuti laporan dan menghubungi melalui telepon kepada produsen minyak tersebut. "Bapak-ibu ini mana minyaknya? Siapa penanggung jawabnya, sini saya mau telepon," ujar Mentan kepada petugas yang berjaga stand minyak goreng.

"Halo pak, Amran pak, ini kok sedikit sekali minyaknya pak. Tolong ditambah, tambah sekarang ya, kirim seribu. Ini Menteri Pertanian, kirim seribu boks, kirim sekarang ya, jangan malu-maluin pabrik besar habis stok, ini masyarakat antre nih, ditunggu ya," ujar Mentan dalam percakapan melalui telepon kepada produsen minyak goreng Bimoli.

Padahal sebelumnya, Mentan Amran menegaskan TTI Center Pasar Minggu akan berjalan terus menerus bukan hanya saat puasa dan lebaran. "Ditargetkan TTI akan membuka pasar murah rutin setiap hari sampai akhir tahun 2016, dan direncanakan akan dipermanenkan jika penjualan langsung tersebut bisa berjalan dengan baik," ucap Mentan Amran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.