Terminal 3 Ultimate Belum Bisa Operasi, AP II Jamin Arus Mudik Tetap Lancar

Kompas.com - 17/06/2016, 12:00 WIB
Area check in Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAArea check in Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura II (AP II) menjamin arus mudik Lebaran tetap lancar meski Terminal 3 Ultimate belum bisa beroperasi.

"Tidak akan terganggu, kami jamin itu," ujar Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Menurut Budi, Terminal 1,2, dan 3 sudah dipersiapkan untuk menampung para pemudik yang menggunakan angkutan udara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ia mengatakan, awalnya kehadiran Terminal 3 Ultimate memang diharapkan bisa menampung sebagian pemudik di terminal 2.

Namun, jumlahnya tidak banyak. AP II sendiri memprediksi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran 2016 mencapai 5-10 persen.

"Jadi hanya 5 persen (penumpang) saja yang lewat Terminal 3 (T3) Ultimate," kata Budi.

Sebelumya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan tidak memberikan izin pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 20 Juni 2016.

Saat melakukan uji coba kelistrikan, Kemenhub menemukan ada masalah pada sistem jaringan listrik di terminal bandara yang dibangun dengan Rp 7 trilun tersebut.

Temuan tersebut yakni tidak berjalannya sistem kelistrikan saat uji coba menggunakan genset.

Aliran listrik tidak sampai ke terminal namun berhenti di panel distribusi. Padahal saat dilakukan uji coba menggunakan aliran listrik PLN, sistem berfungsi dengan baik. (Baca: Belum Penuhi Syarat, T3 Ultimate Belum Boleh Beroperasi 20 Juni 2016 )

Kompas TV Terminal 3 Bandara Soetta Berkelas Dunia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.