Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Pemerintah Kenakan Cukai untuk Kemasan Plastik

Kompas.com - 17/06/2016, 18:05 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana mengenakan cukai untuk kemasan plastik.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi menuturkan, pengenaan cukai pada dasarnya bertujuan untuk mengendalikan konsumsi dan distribusi, sehingga bisa menekan faktor negatif terhadap kesehatan dan lingkungan.

"Tentunya yang akan menjadi sasaran utama objek cukai adalah barang-barang yang destruktif terhadap lingkungan," kata Heru di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Saat ini pemerintah fokus pada dampak konsumsi dan distrbusi barang terhadap lingkungan.

Pasalnya, kata Heru, untuk dampak terhadap kesehatan, pemerintah sudah memiliki instrumen pengendali yaitu pengenaan cukai terhadap rokok, minuman keras dan ethil alcohol.

"Untuk lingkungan ini cara berfikirnya juga sama, yaitu kita mesti lihat mana objek yang paling merusak lingkungan," imbuh Heru.

Dari seluruh daftar barang-barang yang berpotensi merusak lingkungan, kajian pemerintah mengerucut pada kemasan yang terbuat dari plastik.

Kemasan yang terbuat dari plastik memang beragam macamnya, ada botol plastik, tas kresek, bungkus makanan dan minuman.

"Tentunya nanti kita akan sampaikan ke DPR hasil komunikasi K/L pemerintah mengenai mana yang akan menjadi prioritas utama, jenis kemasan plastik dan bagaimana tahapan pengenaannya, termasuk di dalamnya soal tarif," kata Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com