Kompas.com - 20/06/2016, 12:58 WIB
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin (20/6/2016). Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comPresiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin (20/6/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk bakal sedikit melakukan perubahan terhadap Rencana Bisnis Bank (RBB).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengatakan dalam perubahan RBB tersebut, BCA akan melakukan revisi target penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Sementara ada (revisi RBB). Sementara KPR yang kita naikkan," kata Jahja di kantor pusat BPJS Kesehatan, Senin (20/6/2016).

Jahja mengungkapkan, revisi RBB dan target penyaluran KPR dilatarbelakangi oleh keputusan Bank Indonesia (BI) melonggarkan ketentuan Loan to Value (LTV). Dengan demikian, target penyaluran KPR BCA diakui Jahja mencapai 10 persen di atas target sebelumnya.

"Ya salah satunya itu (terkait pelonggaran LTV). Saya rasa sekitar 10 persen lebih tinggi dari sebelumnya," ungkap Jahja.

Sebagai informasi, bank sentral melonggarkan kredit atau pembiayaan melalui mekanisme inden dengan pengaturan pencairan kredit atau pembiayaan bertahap sesuai progress pembangunan untuk Rumah Tapak, Rumah Susun, dan Ruko atau Rukan sampai dengan fasilitas kredit atau pembiayaan kedua.

Selain itu, untuk mendorong kredit perbankan, BI juga menaikkan batas bawah Loan to Financing Ratio terkait Giro Wajib Minimum (GWM-LFR) dari 78 persen menjadi 80 persen, dengan batas atas tetap sebesar 92 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, BCA menargetkan penyaluran kredit properti pada tahun ini pada kisaran 10 persen. Adapun realisasi penyaluran kredit properti perseroan pada tahun 2015 lalu mencapai Rp 59,4 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.