Wal-Mart Dikabarkan Jual Bisnis E-Commerce di China ke JD.com

Kompas.com - 21/06/2016, 05:00 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Raksasa ritel Amerika Serikat (AS) Wal-Mart Stores inc mengatakan berencana menjual bisnis e-commerce di China, Yihaodian, ke perusahaan China lain, JD.com Inc.

Jika skema penjualan berjalan, maka kesepakatan yang berlaku adalah JD.com akan menerbitkan 145 juta saham kelas A baru ke Wal-mart, merepresentasikan kepemilikan 5 persen dari total saham.

Wal-Mart sendiri membeli sebagian saham Yihaodian pada 2011. Yihaodian merupakan situs e-commerce yang mengkhususkan diri untuk pembeli wanita kelas menenga atas.

Wal-Mart kemudian mengambilalih penuh Yihaodian pada 2015, sebagai kombinasi perusahaan lokal China dengan sumber global dan kapabiltas jaringan ritel Wal-Mart.

Belum ada estimasi nilai penjualan saham Wal-Mart ke JD.com.

Kompas TV WTO Gandeng Indonesia Kembangkan E-Commerce
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.