Kompas.com - 22/06/2016, 15:00 WIB
Ferrari F430 Spider jadi mobil pengantar makanan WorldcarfansFerrari F430 Spider jadi mobil pengantar makanan
|
EditorAprillia Ika

OAK BROOK, KOMPAS.com - Jaringan restoran cepat saji McDonald's berencana menjual gerai-gerai di China di Hong Kong.

Menyusul rencana ini, sudah banyak tawaran yang dilayangkan kepada McDonald's, termasuk dari Beijing Tourism Group, Sanpower, dan ChemChina yang menawarkan harga 3 miliar dollar AS.

Penawaran McDonald's adalah persetujuan waralaba selama 20 tahun bagi pembeli. Namun, dalam penawaran tersebut disyaratkan beberapa kantor ekuitas swasta tidak bisa berpartisipasi dalam proses tersebut.

Akan tetapi, beberapa perusahaan ekuitas global juga tetap memasuki proses penjualan tersebut dengan cara bermitra dengan beberapa perusahaan China, seperti Bain Capital, TPG Capital, dan Carlyle Group.

McDonald's telah merekrut Morgan Stanley untuk menjalankan proses penjualan sekitar 2.800 restoran di China, Hong Kong, dan Korea Selatan. Namun, penjualan di Korsel dilakukan secara terpisah dan belum diketahui perusahaan mana saja yang berminat membeli.

Bisnis McDonald's di China dan Hong Kong memiliki pendapatan sebelum bunga, depresiasi, dan amortisasi mencapai 200 juta dollar AS. Penjualan gerai-gerai tersebut bisa mencapai 3 miliar dollar AS.

"Kami sedang dalam progres untuk mencari mitra strategis dengan relevansi lokal yang memiliki keahlian dan keterampilan komplementer, yang dipadukan dengan pemahaman yang kuat tengang brand McDonald's," jelas juru bicara McDonald's.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, pihak McDonald's juga menyatakan, mitra strategis tersebut juga harus bisa berbagi nilai dan visi McDonald's dengan fokus dalam mengakselerasi pertumbuhan.

Namun, manajemen restoran tersebut enggan berkomentar lebih lanjut hingga menghasilkan keputusan final.

Kompas TV Burger Sehat Ala "Burgreens"
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.