AP II Batal Gunakan Kata "Ultimate" pada Terminal Baru Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 22/06/2016, 21:44 WIB
Area check in Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAArea check in Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura II (AP II) memutuskan membatalkan penggunaan kata ultimate di belakang nama terminal 3 yang baru.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi tidak menjelaskan secara rinci alasan pembatalan nama terminal bandara yang menelan investasi Rp 7 triliun itu.

"Kami tegaskan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini hanya terdapat Terminal 1, 2, dan 3," ujar Agus dalam ketarangan resmi, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Meski begitu Agus menjelaskan asal mula penamaan Terminal 3 Ultimate.

Menurutnya, nama itu dipilih agar masyarakat bisa membedakan terminal 3 yang baru dengan terminal 3.yang sudah ada.

Pada 2009 silam, Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Terminal 3 existing.

Namun beberapa tahun kemudian, AP II mengembangkan terminal tersebut dengan membangun bangunan yang lebih besar dan megah.

"Arti dari kata ultimate itu sendiri adalah bahwa pengembangan yang dilakukan di Terminal 3 kali ini sudah paling maksimal, tidak bisa lebih dari yang sudah berdiri saat ini.” kata Agus.

Terminal 3 baru itu memiliki luas bangunan 422.804 meter persegi dengan kapasitas 25 juta penumpang per tahunnya.

Di dalam, ada 28 gates yang terdiri dari sepuluh gate penerbangan internasional dan 18 gate penerbangan domestik.

Awalnya, terminal baru Bandara Internasional Soekarno-Hatta itu akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 kemarin. Namun lantaran dianggap belum memenuhi syarat, maka pengoperasiannya ditunda setelah Lebaran nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.