"Pesawat Saja Indonesia Bisa, apalagi Ekspor Mesin Pertanian..."

Kompas.com - 23/06/2016, 21:45 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


BANTEN, KOMPAS.com
- Balitbang Kementerian Pertanian berhasil membuat tiga prototipe mesin pertanian. Pada masa mendatang, diyakini ada peluang untuk mengekspor mesin-mesin seperti ini.

"Sangat mungkin diekspor. Indonesia saja bisa buat pesawat terbang apalagi mesin pertanian seperti ini," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, saat memperkenalkan ketiga alat tersebut di Balai Besar Pengembangan Mekanisme  Pertanian di Serpong, Tangerang, Kamis (23/6/2016).

Amran berharap dengan kehadiran tiga alat ini akan menjadi daya tarik bagi orang muda untuk kembali melirik profesi menjadi petani. Alat-alat itu memastikan kerja petani menjadi lebih mudah.

"Ini nanti akan mendorong generasi muda turun ke ladang dan juga alat ini buatan bangsa kita sendiri," ujar Amran.

(Baca: Balitbang Pertanian Bikin Sendiri Mesin Panen Multi-Komoditas)

Kenaikan pangkat

Amran pun berjanji merekomendasikan orang-orang yang membuat tiga alat prototipe pertanian—yaitu mesin panen multi-komoditas, mesin olah tanah amfibi, dan mesin penanam jagung—untuk mendapat kenaikan pangkat.

"Kami akan mengusulkan pangkat istimewa kepada tim penemu alat yang terdiri dari 10 orang," ujar Amran.

Menurut Amran selain kenaikan pangkat, pemerintah juga akan memberikan apresiasi tambahan.

"Ada bonus dari pemerintah Rp 100 juta untuk mereka. Juga, mereka akan mendapat royalti (dari penjualan alat tersebut)," ungkap Amran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.