Kompas.com - 27/06/2016, 11:49 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Ada empat janji kampanye Brexit yang menguap begitu saja, pasca kemenangan kelompok yang menginginkan Inggris keluar dari Uni Eropa (UE) pada referendum bersejarah di 23 Juni 2016 lalu.

Apa saja?

1. Soal Imigrasi

Imigrasi merupakan isu penting yang dilontarkan kelompok pendukung Brexit. Sepanjang kampanyenya, kelompok "Leave" menempatkan isu imigrasi dan kontrol perbatasan sebagai isu utama menghadapi kelompok yang tetap ingin di UE, atau kelompok "In" atau "Remain".

Bahkan dalam salah satu banner iklannya, kelompok "Leave" memberikan propaganda bahwa negara Turki dengan populasi 76 juta penduduk  bergabung ke UE, yang artinya akan lebih banyak uang Inggris yang tersedot ke UE, yang berdampak pada keuangan National Health System (NHS).

Mengenai masalah imigrasi, pimpinan UK Independence Party (UKIP) Nigel Farage memposting poster lain tentang perbatasan, dimana terlihat banyak imigran berbaris menuju Inggris. Dalam poster, disebutkan kata-kata bahwa Inggris harus kembali merebut kontrol perbatasan dan  harus keluar dari UE.

Namun beberapa jam setelah pengumuman Brexit selesai, tim kampanye "leave" dan MEP Tory Daniel Hannan mengatakan mereka yang memilih Leave dengan isu imigrasi harus kecewa.

"Masyarakat tumbuh dan mereka mengerti, hal ini (imirasi) bukanlah hal yang bisa terjadi besok," kata dia ke BBC News. "Tidak ada yang bisa memberikan saran, bahwa tidak akan ada imigrasi."

Pada tayangan BBC2's Newsnight di Jumat, presenter Evan davis tampak sangat kecewa dengan pernyataan Hannan. "Publik sudah digiring untuk percaya, dengan Brexit akan ada pembatasan pergerakan bebas imigran masuk Inggris," katanya.

"Kami selalu mengatakan bahwa kami ingin memastikan kontrol," kilah Hannan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Buzz Feed
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.