Kompas.com - 27/06/2016, 12:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Sektor penerbangan Eropa terdampak langsung hasil referendum yang memutuskan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa.

Pasalnya, selama 20 tahun terakhir, maskapai apapun dari negara anggota Uni Eropa bisa terbang ke mana pun dalam area pasar tunggal tersebut kapan saja.

Akses ini akhirnya mendorong kesuksesan maskapai penerbangan murah di kawasan Eropa. EasyJet yang berpusat di London, Inggris, Ryanair di Dublin, Irlandia, dan Vueling di Spanyol saling berlomba membuka rute-rute baru menjelajahi benua tersebut.

Tidak dapat dihindari, para penumpang pun diuntungkan dengan harga tiket yang lebih murah dan frekuensi penerbangan yang lebih banyak.

Namun, keputusan para pemilih di Inggris untuk keluar dari Uni Eropa memupuskan semua kesenangan itu. Oleh sebab itu, tak mengherankan bila saham-saham maskapai penerbangan Inggris langsung jatuh 20 persen sesaat setelah voting Brexit diumumkan pada 23 Juni 2016 lalu.

Sebagai bagian dari proses pemisahan dari Uni Eropa, maka Inggris harus menegosiasikan akses baru untuk pasar penerbangan tunggal.

Inggris pun harus menemukan posisisnya yang baru dalam persetujuan Open Skies yang selama beberapa tahun terakhir maskapai penerbangan Eropa dan AS bisa memperoleh akses dengan mulus dari satu pasar ke pasar lainnya.

Konsekuensinya, Inggris harus menerima supremasi regulasi penerbangan Uni Eropa dan kemungkinan gerakan para pekerja.

EasyJet adalah salah satu maskapai yang terdampak langsung voting Brexit. Meskipun 20 persen bisnisnya berpusat di Inggris, namun area pertumbuhan terbesarnya adalah di daratan Eropa dengan penerbangan-penerbangan yang tak pernah menyentuh Inggris.

EasyJet telah membuka basis di Spanyol, Portugal, Perancis, Jerman, dan Belanda tanpa memerlukan izin khusus dari masing-masing negara itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN Money
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.