ADB Kucurkan Pinjaman 500 Juta Dollar AS untuk Reformasi Penanaman Modal

Kompas.com - 28/06/2016, 17:10 WIB
Bank Dunia setkab.go.idBank Dunia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Development Bank (ADB) menyetujui penyaluran pinjaman 500 juta dollar AS kepada Indonesia, untuk membiayai reformasi kebijakan untuk mengurangi hambatan investasi.

Dengan dana tersebut, diharapkan bisa merangsang pengembangan sektor swasta dan meningkatkan partisipasi swasta dalam proyek infrastruktur.

Pinjaman tersebut juga akan dilengkapi pembiayaan bersama yang nilainya setara 224,6 juta dollar AS dari KfW Bankengruppe, Jerman. Di tahap pertama program, KfW telah memberikan pembiayaan paralel senilai 245 juta dollar AS.

"Indonesia sudah mengambil sejumlah langkah penting dalam meningkatkan iklim investasi, termasuk mencabut penghambat Kerjasama Publik-Swasta dan memangkas kerumitan peraturan,” kata Steven Tabor, Direktur ADB untuk Indonesia dalam keterangan resmi, Selasa (28/6/2016).

Peraturan yang memberatkan, serta biaya tinggi untuk menjalankan usaha, telah menghambat investasi baru dan mengakibatkan Indonesia hanya berada di peringkat 109 dari 189 negara dalam laporan Bank Dunia tahun 2016 tentang kemudahan menjalankan usaha.

Peringkat ini jauh di bawah negara-negara tetangga di kawasan yang sama.

"Indonesia perlu menciptakan sumber-sumber pertumbuhan baru, agar bisa kembali ke jalur pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih inklusif,” terang Rabin Hattari, ekonom Departemen Asia Tenggara ADB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.