Indonesia Tidak Akan Alami Dampak Signifikan "Brexit," Ini Penjelasannya

Kompas.com - 29/06/2016, 15:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, Indonesia tidak akan mengalami dampak signifikan maupun dampak langsung keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Pasalnya, kegiatan perdagangan dan investasi antara Inggris dengan Indonesia tidak besar. Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, ekspor Indonesia ke Inggris maupun Uni Eropa tidak besar.

Total ekspor Indonesia ke Uni Eropa hanya 11 persen termasuk Inggris, bahkan hanya kurang dari 2 persen ekspor ke Inggris.

"Sehingga memang dampak langsung terhadap ekspor kita tidak terlalu besar. Ekspor kita kebanyakan komoditas dan lebih banyak ke China. Dampaknya pun tidak secara langsung," kata Perry kepada wartawan di kantornya, Rabu (29/6/2016).

Selain itu, sumber ekspor Indonesia sudah minus. Perry menjelaskan, saat ini sumber pertumbuhan ekonomi dari dalam negeri, seperti konsumsi domestik, konsumsi swasta dan pemerintah, serta investasi swasta dan pemerintah.

Di samping itu, dari jalur investasi, Perry pun menyatakan porsi investasi Inggris ke Indonesia masih sedikit. Inggris, kata dia, menempati urutan sepuluh penanaman modal asing (PMA) di Indonesia sehingga jumlahnya tidak besar.

"Jumlahnya tidak terlalu besar. Eropa yang besar itu Jerman, Belanda, dan Italia. PMA lebih banyak Asia dan AS. Dampak terhadap investasi tidak terlalu besar," jelas Perry.

Adapun gejolak yang terjadi di pasar beberapa waktu lalu diakui Perry disebabkan pasar terkejut dan kaget atas hasil referendum di Inggris. Belakangan kondisi pasar pun sudah berangsur membaik.

Kompas TV Bank Indonesia: Ekonomi Indonesia Stabil
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.