Ini Strategi Manajemen Bandara Minangkabau Atasi Lonjakan Pemudik

Kompas.com - 29/06/2016, 18:09 WIB
Bandara Minangkabau Iwan Supriyatna/Kompas.comBandara Minangkabau
|
EditorM Fajar Marta

PADANG, KOMPAS.com - Guna mengatasi lonjakan pemudik di Bandara Internasional Minangkabau Padang Sumatera Barat, manajemen bandara menyiapkan beberapa strategi yang akan ditempuh untuk memperlancar arus mudik.

General Manager Bandara Internasional Minangkabau, Suparlan menyebutkan, Pertama, pihaknya terlebih dahulu memastikan alat-alat untuk operasional darat dan udara bisa berfungsi dengan baik.

"Setelah kita lakukan inspeksi bersama, ada beberapa hal yang harus kita tambah yakni troli, karena troli yang ada dengan jumlah penumpang belum memadai, kita lakukan penambahan 200 troli, karena perbandingannya 6 per 10, 10 orang yang datang 6 pakai troli," ujar Suparlan di Padang, Rabu (29/6/2016).

Kedua, kata Suparlan, pihaknya akan menambah alat pendeteksi logam dan cairan berbahaya sebanyak empat buah dengan nilai mencapai Rp 433 juta.

"Kita mengusahakan penambahan alat pendeteksi logam, mudah-mudahan dalam waktu dua hari sudah bisa kita gunakan," imbuh Suparlan.

Ketiga, memastikan para petugas bandara dalam keadaan fit dan siap untuk melakukan tugas-tugasnya.

"Semua fasilitas harus kita optimalkan semaksimal mungkin. Kita juga harus memastikan orang yang mengoperasikan alat harus ready," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guna meningkatkan keamanan dan pelayanan bandara, pihaknya melakukan apel setiap pergantian petugas, yang bertujuan untuk memeriksa kesiapan petugas bandara.

"Di Bandara Minangkabah ada 209 orang pegawai, setiap pergantian petugas kita lakukan apel untuk peningkatan keamanan," pungkas Suparlan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.