Ingin Mengajukan Kartu Kredit Pertama Kali? Cek Dulu 4 Poin Ini

Kompas.com - 30/06/2016, 07:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit saat ini sudah menjadi alat bantu transaksi yang populer di kalangan masyakat Indonesia sebagai pengganti uang tunai.

Banyak keunggulan kartu kredit seperti diskon dan cashback yang membuat kamu justru dapat berhemat dari transaksi sehari-hari, asalkan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Bagi kamu yang belum punya kartu kredit, pengajuan kartu kredit pertama mungkin menjadi hal yang cukup mendebarkan. Nah, sebelum kamu mengisi aplikasi kartu kredit, sebaiknya perhatikan dulu beberapa poin ini agar pengajuan kamu lancar ya:

1. Pastikan kamu memiliki pengetahuan dasar seputar kartu kredit

Sebelum mengajukan untuk kartu kredit, kamu harus mengerti dasar-dasar cara kerja kartu kredit. Satu hal paling penting yang perlu kamu ketahui, kartu kredit merupakan hutang, bukan asset.

Dengan cara ini, kamu bisa minimal mengetahui cara benar penggunaan kartu kredit agar tidak sampai boros dan tetap bisa menikmati keuntungan dari kepemilikan kartu kredit.

2. Pastikan seluruh syarat dan dokumen teah dipenuhi

Saat mengajukan aplikasi kartu kredit, kamu pasti akan dimintai berbagai data seperti nomer kontak dan kelengkapan dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, dan slip gaji.

Pastikan agar kamu sudah menyiapkan seluruh dokumen pribadi yang sesuai dengan kebutuhan bank tempat kamu akan mulai mengajukan kartu kredit. Kesalahan atau kelalaian data pribadi dapat menyebabkan aplikasi kamu ditolak.

3. Pastikan kamu memilih kartu kredit yang sesuai kemampuan kamu

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.