Rambah Sektor Energi, RNI Bangun Pembangkit Listrik Mini Hidro

Kompas.com - 30/06/2016, 14:00 WIB
Operasi Pasar Gula oleh RNI di Pasar Palmerah, Jakarta, Kamis (12/5/2016). Achmad Fauzi/Kompas.comOperasi Pasar Gula oleh RNI di Pasar Palmerah, Jakarta, Kamis (12/5/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menjajaki sektor energi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di Sumatra Barat.

Pembangunan pembangkit listrik ini dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan PT Brantas Energi.

Direktur Utama RNI B Didik Prasetyo menjelaskan, PLTMH tersebut berkapasitas 15,6 megawatt. Sebanyak empat titik pembangkit akan dibangun di area dekat Gunung Kerinci.

"Kami sudah tanda tangan project agreement. Kemudian membuat anak usaha PT Liki Energi Nusantara dan PT Rajawali Liki Energi," jelas Didik pada acara buka puasa bersama di Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Didik mengungkapkan, pembangunan PLTMH ini merupakan langkah perseroan guna turut mengembangkan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT).

Selain itu, pembangunan PLTMH ini juga memanfaatkan dua air terjun besar yang memang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik, mengingat di kawasan Sumatra bagian barat kerap mengalami masalah kelistrikan.

Didik mengaku, sebenarnya potensi pembangkit listrik yang bisa diciptakan di kawasan itu mencapai 56 megawatt.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, karena kedua air terjun yang digunakan sebagai pembangkit listrik berada di kawasan rawan gempa bumi, maka RNI terlebih dahulu mencoba untuk mengoptimalkan kapasitas 15,6 megawatt.

Didik menjelaskan, investasi yang dirogoh RNI untuk pembangunan PLTMH ini mencapai sekira Rp 400 miliar. Diharapkan, pembangunan PLTMH ini bukan hanya mendorong bisnis baru RNI, namun juga inisiasi perseroan dalam pengembangan EBT.

"Ini wujud sinergi BUMN juga. Proyek ini cukup besar dan bagian dari upaya RNI dalam mengembangkan EBT," ungkap Didik.

Kompas TV Proyek Pembangkit Listrik "Gak" Selesai 2019?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.