Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Monggo Berdebat, Saya Tetap akan Tenggelam Kapal Illegal Fishing

Kompas.com - 01/07/2016, 04:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mempersilahkan semua pihak, termasuk lembaga penegak hukum, berdebat terkait penindakan kapal illegal fishing.

Namun, ia mengatakan akan tetap pada pendiriannya. "Jadi Kejaksaan, MA, monggo (berdebat), saya tetap, kapal pencuri ikan akan saya tenggelamkan," ujar Susi saat menutup Rakornas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara ilegal di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Menteri asal Pangandaran Jawa Barat itu mengakui adanya perbedaan pendapat di kalangan para ahli hukum dan penegak hukum terkait penindakan kapal-kapal illegal fishing.

Namun ia mengatakan bahwa tindakan Satgas yang ia pimpin merupakan langkah untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Selain itu banyak pula aturan-aturan yang tumpang tindih terkait penegakan hukum terhadap kapal-kapal yang mencuri ikan di laut Indonesia.

Meski begitu, ia meminta semua stakeholder yang terkait dengan penegakkan hukum terhadap illegal fishing kompak memprioritaskan kedaulatan negara.

"Tetapi kalau kita berbenturan dengan urusan ini (aturan), kapan kita selesai?," kata Susi.

"Silahkan ahli hukum kita berdebat, eksekutor di lapangan tidak boleh. Saya ingin eksekutor tetap sesuai kecepatan kerja, tegas dan lugas," lanjut menteri nyentrik itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com