Susi: Monggo Berdebat, Saya Tetap akan Tenggelam Kapal Illegal Fishing

Kompas.com - 01/07/2016, 04:15 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mempersilahkan semua pihak, termasuk lembaga penegak hukum, berdebat terkait penindakan kapal illegal fishing.

Namun, ia mengatakan akan tetap pada pendiriannya. "Jadi Kejaksaan, MA, monggo (berdebat), saya tetap, kapal pencuri ikan akan saya tenggelamkan," ujar Susi saat menutup Rakornas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara ilegal di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Menteri asal Pangandaran Jawa Barat itu mengakui adanya perbedaan pendapat di kalangan para ahli hukum dan penegak hukum terkait penindakan kapal-kapal illegal fishing.

Namun ia mengatakan bahwa tindakan Satgas yang ia pimpin merupakan langkah untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Selain itu banyak pula aturan-aturan yang tumpang tindih terkait penegakan hukum terhadap kapal-kapal yang mencuri ikan di laut Indonesia.

Meski begitu, ia meminta semua stakeholder yang terkait dengan penegakkan hukum terhadap illegal fishing kompak memprioritaskan kedaulatan negara.

"Tetapi kalau kita berbenturan dengan urusan ini (aturan), kapan kita selesai?," kata Susi.

"Silahkan ahli hukum kita berdebat, eksekutor di lapangan tidak boleh. Saya ingin eksekutor tetap sesuai kecepatan kerja, tegas dan lugas," lanjut menteri nyentrik itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.