Kompas.com - 05/07/2016, 16:41 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Warga terkaya Inggris saat ini menjadi lebih miskin akibat voting Brexit pada bulan lalu, dan mereka akan terus menghadapi berita keuangan yang memburuk, menurut lembaga konsultasi kekayaan internasional, dalam laporannya. 

Laporan WealthInsght ini menyebutkan, kebanyakan HNWI (high-net worth individual) di Inggrs, yakni sekitar 14,3 persen, memiliki kekayaan pada industri layanan keuangan. Yang mana, miliaran dollar telah raib di pasar baru-baru ini, yang membuat kantong HNWI ini menipis. 

"Terlebih lagi badai ini belum berlalu untuk HNWI dengan investasi di pendanaan makro, yang mengalami kerugian paling dalam," ujar lembaga konsultasi ini. 

WealthInsight mendefinisikan HNWI sebagai mereka dengan kekayaan di atas 1 miliar dollar AS. 

Sebanyak 15 warga terkaya Inggris kehilangan secara totl 5,5 miliar dollar AS di pasar saham pasca votig Brexit, menurut data Bloomberg. 

Orang terkaya Inggris, Gerald Grosvenor, kehilangan 1 miliar dollar AS diikuti pemilik Topshop, Philip Green, Charles Cadogan dan Bruno Schroder. 

Poin lain yang menyakitkan bagi para orang kaya ini adalah, pasca referendum akan ada penundaan pubikasi aturan baru untuk "non-doms" atau status pajak bagi orang kaya yang terlahir sebagai orang asing. 

Penangguhan tersebut akan menambah ketidakpastian pada aturan baru yang dikabarkan akan dirilis pada 2017 mendatang, menurut WealthInsight. 

Kompas TV Infografis: Apa itu Brexit?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.