Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Prediksikan Inflasi Juli Rendah

Kompas.com - 08/07/2016, 09:48 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksikan inflasi pada Juli 2016 atau setelah Lebaran akan lebih rendah dibandingkan pada masa Ramadhan atau bulan Juni kemarin.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, Inflasi rendah pada Juli karena penurunan daya beli masyarakat setelah Lebaran.

"Kalau pola inflasi setelah Lebaran selalu lebih rendah dibandingkan masa puasa. Masa puasa, biasanya dulu 0,9-1,2 persen. Kemarin kita kan mencapai 0,6 persen. Jadi lebih bagus pencapaiannya," kata Mirza saat ditemui di rumas dinas Menko Perekonomian Darmin Nasution, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta, Kamis (7/7/2016).

Menurut Mirza, Inflasi pada Juli juga disebabkan oleh masuknya tahun ajaran baru sekolah. Sehingga masyarakat membeli keperluan sekolah.

"Kalau Juli, walaupun ada tahun ajaran baru dan inflasi agak lebih tinggi, tapi menurut kami polanya pola yang normal," ucapnya.

Namun, Mirza tidak memberitahukan kisaran berapa Inflasi pada Juli. Pasalnya, dirinya belum melihat analisa inflasi yang dikerjakan oleh Bank Indonesia.

Mirza juga mengungkapkan ke depannya pemerintah bisa menekan Inflasi pada saat Ramadhan hingga di bawah 0,5 persen. Asalkan pemerintah bisa mengontrol harga-harga bahan pokok.

"Mudah-mudahaan, tahun-tahun depan sesuai harapan Presiden (Joko Widodo). Kalau harga-harga makanan suplai jauh lebih baik, mudah-mudahan tahun depan inflasi masa puasa di bawah 0,5. Itu akan bagus," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com