Kompas.com - 12/07/2016, 16:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menyatakan kapitalisasi pasar di bursa saham Indonesia sudah mencapai Rp 5.500 triliun. Menurut Tito, capaian tersebut hampir mendekati rekor yang tercatat, yakni Rp 5.600 triliun.

Pergerakan kapitalisasi saham tersebut didorong pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat sebagai dampak diterapkannya program pengampunan pajak. Tito memandang, momentum tersebut berdampak baik bagi kinerja pasar modal Indonesia.

"Kebetulan momentumnya sekarang bagus,? kemarin PT Telekomunikasi Indonesia Tbk market cap Rp 400 triliun rekor. Hari ini market cap Rp 5.500 triliun, market cap terbesar sepanjang sejarah Rp 5.560 triliun," kata Tito di sela-sela halal bihalal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selasa (12/7/2016).

Tito menuturkan, frekuensi perdagangan saham juga mendekati rekor. Ia menyatakan, frekuensi tertinggi yang tercatat di BEI mencapai 373.400 kali. "Frekuensi terbesar selama sejarah tahun 2014 adalah 373.400 kemarin 368.000," jelas Tito.

Menurut dia, kondisi pasar modal Indonesia tidak hanya dipengaruhi hanya satu faktor. Selain diterapkannya program pengampunan pajak, kondisi pasar modal saat ini juga dipengaruhi oleh perbaikan di BEI sendiri.

"Kalau di pasar modal tidak pernah satu faktor. Kalau dia mau, barangnya tidak bagus, dia tidak mau. Berita bagus, barangnya tidak bagus, dana tidak ada, bursanya tidak konsisten. Broker tidak kuat, tidak mau juga," cetusnya. 

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.