Jadi Bank Persepsi, BTN Ingin Tampung Rp 50 Triliun Dana Repatriasi Pengampunan Pajak

Kompas.com - 13/07/2016, 15:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjadi salah satu bank yang ditunjuk pemerintah sebagai bank persepsi untuk menampung dana repatriasi dari program pengampunan pajak. Oleh sebab itu, BTN melakukan berbagai persiapan guna menyambut kepulangan dana dari luar negeri tersebut.

Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan diri paska penunjukkan sebagai bank persepsi. Perseroan pun diakui Maryono sudah mempersiapkan berbagai produk untuk menampung dana repatriasi pengampunan pajak.

"Kami telah mempersiapkan diri sebagai bank persepsi. Kami akan melakukan penampungannya," jelas Maryono di kantornya, Rabu (13/7/2016). Adapun produk-produk yang disiapkan oleh BTN antara lain deposito, NCD (Negotiable Certificate of Deposit), obligasi dan EBA (Efek Beragun Aset).

Menurut Maryono, produk EBA adalah produk yang khusus disiapkan BTN untuk menampung dana repatriasi dari pengampunan pajak.

"Produk baru adalah EBA. Tidak ada bank lain yang membuat EBA. EBA syariah nanti akan kita proses, tapi belum keluar," jelas Maryono.

Lebih lanjut, Maryono mengaku perseroan berharap bisa menampung setidaknya Rp 50 triliun dana repatriasi yang masuk ke Indonesia. Selain itu, masuknya dana repatriasi tersebut juga diharapkan bisa membantu pemenuhan target program 1 Juta Rumah.

"Bisa memudahkan kita blending atau mixing sumber-sumber dana kita untuk peningkatan program 1 Juta Rumah," ujar Maryono.

Kompas TV Kementrian PUPR Temui Kepala Dinas Daerah

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.