Pemerintah Janji Sediakan Rusun untuk Nelayan Pantura yang Pindah ke Natuna

Kompas.com - 13/07/2016, 19:35 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan memindahkan 400 kapal nelayan tradisional Pantai Utara (Pantura) Jawa ke Natuna sebagai upaya mendorong industri perikanan di wilayah tersebut.

Bahkan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, pemerintah juga akan menyediakan rumah susun atau rusun untuk para nelayan Pantura yang menangkap ikan di perairan Natuna.

"Kami sediakan rumah susun untuk sementara buat nelayan," ujar Rizal di Jakarta, Rabu (16/7/2016).

Menurut Rizal, nelayan-nelayan yang diperbolekan menangkap ikan di Natuna adalah nelayan dengan kapal besar yang ukurannya di atas 30 GT.

Nantinya hasil tangkapan para nelayan Pantura akan dijual di tempat pelelangan ikan yang akan di bangun pemerintah. Selain itu, ikan-ikan tersebut juga akan dikirim ke sejumlah kota perikanan di Indonesia untuk dijual.

"Memindahkan 400 kapal tradisonal itu dari Banten, Muara Angke, Jepara, Pati, Rembang. Selama ini mereka enggak dikasih izin nangkap ikan di wilayah gemuk," kata Rizal.

Berdasarkan data, kapasitas tangkap di Natuna hanya 9,3 persen dari kapasitas lestari. Dengan adannya pemindahan 400 kapal ikan tradisional dari Pantura, kapasitas tangkap di Natuna diyakini naik jadi 40 persen.

Langkah mengembangkan industri perikanan di Natuna merupakan salah satu strategi pemerintah menjaga kawasan strategis tersebut.

Seperti dikatahui, perairah Natuna kerap disusupi kapal-kapal ikan asing. Akibatnya, sumberdaya perikanan di Natuna justru banyak lari ke luar negeri.

Kompas TV Kapal Nelayan Tenggelam di Papua

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.