Kompas.com - 13/07/2016, 20:53 WIB
Suasana pembangunan tower di proyek perluasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (7/7/2016). Tower tersebut menjadi salah satu prasyarat yang harus dipenuhi PT Angkasa Pura II sebelum menerima izin operasi dari Kementerian Perhubungan. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERASuasana pembangunan tower di proyek perluasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (7/7/2016). Tower tersebut menjadi salah satu prasyarat yang harus dipenuhi PT Angkasa Pura II sebelum menerima izin operasi dari Kementerian Perhubungan.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) Persero menyatakan pembangunan Menara Apron Movement Controller (AMC) di Terminal 3 Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta akan selesai pada akhir pekan ini atau pada tanggal 15-16 Juni 2016.

Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan pembangunan menara AMC hanya tinggal pemasangan kaca di dinding menara tersebut.

"Pembangunannya udah sedikit lagi selesai, kemudian peralatan sudah mulai masuk sebagaian, direncanakan ketika Terminal 3 beroperasi dia juga sudah siap beroperasi," katanya saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/7/2016).

Djoko menjelaskan fungsi dari menara AMC ini untuk digunakan menkoordinasikan pergerakan pesawat di Terminal 3 dari petugas AMC dengan petugas Air Traffic Control (ATC).

"Jadi misalnya pilot minta izin untuk mundur, yang tau kan AMC disini, jadi AMC terima permintaan dari pilot, nanti ATC sana akan koordinasi ke sini, gimana clear nggak ada hambatan nggak. Kalau AMC bilang clear maka ATC akan bilang ke pilot clear," jelasnya.

Selain itu Fungsi menara AMC ini untuk mengawasi kendaraan udara yang non pesawat seperti mengawasi mobil yang ada dalam apron di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Supaya mereka bisa diatur, pesawat kan prioritas bergerak maka harus ada komunikasi, makanya kendaraan tersebut nanti diberikan komunikasi, yang selama ini hanya dengan supervisornya nanti ada alat komunikasi dengan tower AMC," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Djoko, AP II sudah melaporkan progres pembangunan di Terminal 3 yang nantinya tinggal menunggi verifikasi Direktorat Perhubungan Udara (Dirjenhubud) Kementerian Perhubungan.

"Ya kita tunggu Dirjenhubud, kalau AMC siap nanti verifikasi, verikasi kan mulai dari 11-18 ," pungkasnya.

Kompas TV Terminal III Soetta Belum Layak Beroperasi



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.