Kompas.com - 14/07/2016, 07:00 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar meminta kepada para pemudik agar tidak trauma dengan kecametan yang terjadi di pintu keluar Gerbang Tol Brebes Timur atau tenar disebut Brexit.

"Saat ini arus balik masih berlangsung, Jadi trauma masyarakat sendiri tidak bagus sehingga banyak yang alihkan lewat jalur selatan dan tengah sehingga jalur tengah yang banyak persimpangan satu bidang itu malah buat macet," katanya di Posko Angkutan Lebaran Kemenhub, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Menurut dia, pada arus balik ini pihak Kepolisian melalui Korlantas telah mengantisipasi kemacetan yang salah satunya menggratiskan Tol Cikarang Utama dan Palimanan dengan bekerja sama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Arus balik data Korlantas, saat puncaknya dilakukan dua kali tol gratis di Cikarang Utama dan Palimanan. Mudah-mudahan tidak terjadi hal itu (kemacetan) karena sudah tersebar," ujarnya.

Sementara itu, untuk angkutan truk bersum dua masih dilarang yang bersifat situasional. Jadi, jika dalam situasi jalan padat maka tidak diperbolehkan, sementara untuk jika jalan tidak padat maka diperbolehkan untuk beroperasi.

"Truk memang ada permintaan tiga hari lalu untuk perpanjangan angkutan barang dua sumbu, saya katakan boleh saja tapi situasional. Saya keluarkan surat edaran situasional untuk tidak dilakukan, bukan dilarang tapi ditunda. Begitu padat dikandangkan dulu, kalau nggak padat ya tidak apa-apa," pungkasnya.

Kompas TV Insiden Tol Brexit, Salah Siapa? (Bag 1)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.