Holding Energi Akan Untungkan PGN dan Pertagas?

Kompas.com - 15/07/2016, 08:45 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pertamina Gas (Pertagas), Hendra Jaya berpendapat bahwa penggabungan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dengan Pertagas akan menguntungkan Pertagas maupun PGN.

Sebab, Pertagas nantinya bisa memanfaatkan infrastruktur milik PGN seperti pipa-pipa gas. Demikian juga sebaliknya, PGN bisa memakai pipa milik Pertagas.

Pihaknya kini sedang memetakan, aset-aset mana saja yang akan dipakai bersama oleh PGN dan Pertagas.

"Pasti lah (PGN dan Pertagas bisa memakai aset bersama-sama). Kalau untuk ke sana kan setelah adanya kepastian dari tubuh perusahaan, akan kami lihat aset mana saja yang bisa disinergikan. Kami sedang coba mana yang bisa dipakai bersama. Masih mapping," kata Hendra Jaya dalam acara halal bi halal SKK Migas di City Plaza, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Selain pemanfaatan aset bersama (open access), Pertagas dan PGN juga akan diuntungkan karena bisa membangun infrastruktur gas bersama-sama. Dengan begitu, biaya investasi menjadi lebih efisien.

"Kami lagi petakan dulu. Kami lihat mana saja (rencana investasi) yang overlap atau yang mirip-mirip lah," terangnya.

Selama ini, banyak proyek PGN dan Pertagas yang beririsan. Adanya akuisisi PGN oleh Pertamina akan membuat tak ada lagi proyek PGN dan Pertagas yang bertabrakan.

"Ada proyek-proyek yang beririsan. Misalnya kita punya pipa transmisi mereka punya pipa distribusi di Jawa Barat, juga di Jawa Timur. Ke depan kita harapkan akan lebih baik lagi," pungkas Hendra.

(Baca: Holding Energi Tak Sekedar Menggabungkan 2 BUMN!)

Kompas TV Apa Dampak Holding BUMN Energi?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.