Hari Pertama Melantai di Bursa, Saham Line Meroket 26 Persen

Kompas.com - 15/07/2016, 09:11 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia aplikasi pesan singkat Line Corporation secara resmi melakukan penawaran umum perdana alias Initial Public Offering (IPO) di bursa saham New York, Kamis (14/7/2016) waktu setempat.

Pada hari pertamanya di lantai bursa NYSE, saham Line langsung menguat 26 persen. Saham Line ditutup pada level 41,58 dollar AS pada penutupan perdagangan Kamis, yang membuat valuasi perusahaan teknologi itu mencapai 8,7 miliar dollar AS.

Ini pun membawa Line sebagai pencatatan saham teknologi terbesar tahun ini. Line juga akan memulai perdagangannya di bursa saham Tokyo pada Jumat (15/7/2016) hari ini setelah memperoleh lebih dari 1,1 miliar dollar AS pada IPO. Harga saham Line dipatok dengan harga 3.000 yen.

Line merupakan aplikasi pesan singkat terpopuler di Jepang, Thailand, dan Taiwan. Meskipun demikian, para analis menyatakan Line masih harus mengalami persaingan yang ketat dengan layanan sejenis yang disediakan oleh Facebook maupun Google.

Di Jepang, Line memperoleh resepsi yang lebih bagus dan memiliki pengguna yang lebih banyak ketimbang Facebook atau Twitter.

Namun, pasar seperti Korea Selatan lebih populer dengan rivalnya, Kakao dan bahkan Line diblokir di China. Saat ini, Line memiliki 218 juta pengguna aktif per bulan.

Line dikenal karena menjual stiker-stiker virtual lucu, permainan, dan berbagai macam suvenir resmi. 

Kompas TV BEI Mulai Nerima Beberapa "Startup"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC News


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.