Masa Panen Bersamaan, Lada Putih Dijual Rp 147.500 Per Kilogram

Kompas.com - 15/07/2016, 10:00 WIB
Lada asal Sulawesi Selatan dikenal berkualitas tinggi, ukuran lebih besar dan harum. ARSIP KOMPAS TVLada asal Sulawesi Selatan dikenal berkualitas tinggi, ukuran lebih besar dan harum.
|
EditorAprillia Ika

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Harga lada putih Bangka dijual seharga Rp147.500 per kilogram pada sesi penjualan, Kamis (14/7/2016). Padahal pada awal 2016, harga lada sempat mencapai Rp 168.000 per kilogram.

Mulai meningkatnya pasokan, diprediksi menjadi penyebab harga penjualan di tingkat petani mengalami penurunan.

Kepala Badan Pengelolaan, Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3L) Bangka Belitung, Zainal Arifin mengatakan, turunnya harga lada karena masa panen yang nyaris bersamaan di berbagai daerah. 

“Meskipun terjadi penurunan, harga ini kami nilai masih cukup tinggi. Artinya petani tak perlu khawatir untuk tetap bertanam lada. Permintaan dunia terhadap lada, khususnya lada putih Bangka masih tinggi,” ujar Zainal Arifin, kepada Kompas.com, Kamis (13/7/2016).

Menurut Zainal, daerah saat ini masih mengejar target produksi untuk pasar ekspor sebanyak 20.000 ton per tahun. Sementara pada periode Januari – Juni 2016 baru terealisasi ekspor sebanyak 3.500 ton.

“Permintaan lada umumnya datang dari negara-negara Eropa, Jepang serta Vietnam,” kata Zainal.

Pengembangan Lada Putih Bangka yang telah mengantongi merk lisensi Muntok White Pepper, kata Zainal, sempat terkendala karena banyak lahan yang dijadikan tambang timah inkonvensional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belakangan harga timah anjlok di pasaran dunia, membuat masyarakat mulai beralih bertanam lada.

“Saat ini ada juga masyarakat yang tergiur untuk bertanam sawit, padahal lada sudah ditanam turun temurun di daerah ini. Seharusnya fokus saja ke lada. Kami berharap pemda juga membantu,” harap Zainal.

Kompas TV Lada Dicuci dengan Pemutih?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.