Neraca Perdagangan Surplus, Mendag Tetap Waspada Dampak "Brexit"

Kompas.com - 15/07/2016, 17:41 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong tidak mau bereaksi berlebihan menanggapi surplusnya neraca perdagangan Semester I - 2016.

Menurutnya, ada potensi negatif yang harus diwaspadai dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

"Menurut saya kami tetap harus waspada, tetap hati-hati," ujar Thomas di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Ia menjelaskan, keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau "Brexit" telah membuat kurs poundsterling melemah cukup dalam. Pelamahan itu berpotensi menganggu sentimen global termasuk Indonesia.

Mendag mengatakan masih sangat dini untuk menilai neraca perdagangan Indonesia-Inggris akan surplus sepanjang 2016. Sebab, pelemahan poundsterling membuat barang-barang dari Inggris menjadi sangat kompetitif karena harganya menjadi murah.

Sementara itu barang-barang dari luar negara Inggris harganya akan lebih mahal. "Itu bisa berdampak negatif kepada ekspor kita ke Inggris. Tapi di lain sisi mungkin Inggris akan kerja keras untuk buat perjanjian perdagangan dengan mitra dagangnya," kata Mendag.

"Apalagi dengan potensi dampak dari Brexit terhadap sentimen global. Menurut saya kiita tetap harus hati-hati," ucap dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis surplus neraca perdagangan semester-I 2016 tercatat 3,59 miliar dollar AS. Angka ini lebih rendah dibandingkan surplus neraca perdagangan 2015 yang sebesar 4,47 miliar dollar AS.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, ekspor Januari-Juni 2016 sebesar 69,51 miliar dollar AS. Sedangkan impor periode sama sebesar 65,92 miliar dollar AS. Dengan demikian neraca perdagangan semester-I 2016 mengalami surplus 3,59 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.