BEI: 19 Sekuritas dan 18 Manajer Investasi Siap Tampung Dana Repatriasi

Kompas.com - 18/07/2016, 14:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan akan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait persyaratan bagi sekuritas dan manager investasi (MI) yang berhak menampung dana repatriasi yang dialokasikan ke pasar modal.

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan menyebutkan, hingga saat ini ada sekitar 19 sekuritas dan 18 MI yang dianggap telah memenuhi persyaratan untuk menampung dana repatriasi.

"Ada beberapa kriteria, diantaranya MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) minimal Rp 75 miliar, laba usahanya juga dilihat, kemudian tidak pernah kena suspensi. Kalau MI berdasarkan dana kelolaan," ujar Nicky di Gedung BEI, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Nicky mengatakan, peraturan tersebut lebih lengkapnya akan tertuang dalam PMK Menteri Keuangan. Saat ini PMK itu sedang dalam pembahasan yang dalam waktu dekat akan diumumkan.

"Peraturan itu mungkin sebentar lagi akan mungkin diumumkan," imbuhnya.

Menurut Nicky dari 19 sekuritas dan 18 MI tersebut tidak akan ada penambahan jumlah baru. Mereka akan ditunjuk untuk menampung dana repatriasi hingga tahun depan.

"Tidak ada penambahan, mereka untuk menampung dana sampai tahun depan." Pungkas Nicky.

Kompas TV Pemerintah Siapkan Penampung Dana Mudik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.