Rudiyanto
Direktur Panin Asset Management

Direktur Panin Asset Management salah satu perusahaan Manajer Investasi pengelola reksa dana terkemuka di Indonesia. Wakil Ketua I Perkumpulan Wakil Manajer Investasi Indonesia periode 2019 - 2022. Penulis buku best seller reksa dana yang diterbitkan Gramedia Elexmedia. Buku Terbaru berjudul "Reksa Dana, Pahami, Nikmati!"

Reksa Dana sebagai Instrumen Repatriasi Pajak

Kompas.com - 19/07/2016, 08:58 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

Dalam Undang-Undang Pengampunan Pajak dan Peraturan Menteri Keuangan tentang tata cara pelaksanaannya, disebutkan bahwa reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai repatriasi pajak.

Bagaimana manfaat dan tata cara pelaksanaannya ?

Diketoknya UU Pengampunan Pajak merupakan berita bagus karena kebijakan yang pro pasar telah lama ditunggu oleh pelaku industri keuangan dan wajib pajak. Langkah selanjutnya tentu adalah implementasi.

Untuk itu, penting bagi kita memahami produk reksa dana, manfaatnya dibandingkan instrumen repatriasi yang lain dan tata cara pelaksanaannya.

Reksa dana sendiri merupakan kontrak investasi kolektif antara manajer investasi dengan bank kustodian untuk menghimpun dan mengelola dana masyarakat untuk selanjutnya diinvestasi pada produk pasar modal.

Jadi pada dasarnya, reksa dana membantu investor untuk mengembangkan dananya di pasar modal melalui jasa pihak ahli yang disebut manajer investasi.

Dengan adanya UU Pengampunan Pajak, diperkirakan akan banyak dana yang masuk ke Indonesia dan menggerakkan sektor riil dan sektor keuangan. Selain itu, bertambahnya basis pajak akan menambah sumber pendanaan negara di masa mendatang sehingga pembangunan infrastruktur dapat berkelanjutan.

Hal di atas secara tidak langsung akan berdampak positif terhadap instrumen pasar modal yaitu saham, obligasi dan juga reksa dana dalam bentuk apresiasi harga jangka panjang.

Untuk itu, bagi investor reksa dana, sebenarnya ini juga merupakan momentum yang sangat bagus untuk memulai investasi di pasar modal.

Melalui reksa dana, investor dapat memanfaatkan potensi peningkatan nilai investasi di pasar modal melalui perantaraan Manajer Investasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.