"Pokemon Go" Dorong Saham Nintendo Menguat 120 Persen

Kompas.com - 19/07/2016, 17:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Kesuksesan permainan Pokemon Go yang kini menjadi fenomena di seluruh dunia mendorong penguatan saham perusahaan permainan Jepang, Nintendo. Sejak 6 Juli 2016 hingga hari ini, saham Nintendo sudah menguat 120 persen berkat permainan tersebut.

Pada perdagangan harian di bursa Tokyo, Selasa (19/7/2016), saham Nintendo menguat 14 persen. Hal ini tidak lain didorong gandrung permainan Pokemon Go yang sensasional. Nilai pasar Nintendo pun kini bertambah 23 miliar dollar AS.

Dengan demikian, valuasi perusahaan Nintendo kini mencapai 4,5 triliun yen atau setara 42,5 miliar dollar AS. Valuasi Nintendo tersebut melampaui valuasi Sony yang tercatat 4,1 triliun yen dan Canon yang mencapai 4 triliun yen.

Selain itu, valuasi Nintendo juga jauh melampaui Panasonic yang memiliki valuasi 2,4 triliun yen dan Toshiba yang tercatat 1,3 triliun yen.

Pokemon Go kini merupakan sensasi dunia, tercatat sebagai aplikasi gratis teratas baik di Apple App Store dan Google Play.

Para investor kini berharap Nintendo bisa menanamkan dana untuk pembelian fitur add-on. Beberapa waktu lalu, kepala developer di balik permainan Nintendo Pokemon Go menyatakan ingin meluncurkan permainan yang tengah digandrungi tersebut ke 200 negara dan kawasan.

Adapun saat ini Niantic tengah meningkatkan kapasitas server. Permainan ini menjadi sebuah fenomena di seluruh dunia. Padahal, Pokemon Go secara resmi baru diluncurkan di lima negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Jerman.

"Mengapa harus membatasi?" kata John Hanke, CEO Niantic yang mengembangkan Pokemon Go bersama dengan Pokemon Company yang merupakan afiliasi Nintendo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Money
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.