BEI Berikan Diskon Biaya Balik Nama Saham Kepada Peserta Pengampunan Pajak

Kompas.com - 19/07/2016, 18:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menarik dana repatriasi ke pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memberikan insentif bagi peserta tax amnesty.

Adapun bentuk insentif yang diberikan BEI berupa diskon biaya transaksi balik nama atau crossing saham.

Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan mengatakan, peserta tax amnesty yang memiliki saham atas nama orang lain ketika melakukan crossing saham maka akan diberlakukan diskon.

"Misalnya saya punya saham A dari luar negeri atas nama orang lain, saya crossing, itu biasanya kena biaya dari BEI 0,03 persen, nah kita berikan insentif diskon," ujar Nicky di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Meski demikian, Nicky belum bisa menyebutkan berapa besaran diskon yang akan diberikan BEI kepada peserta tax amnesty yang melakukan crossing saham.

Dia hanya mengatakan, dalam crossing saham tersebut setidaknya dikenakan biaya dari BEI sebesar 0,03 persen, lalu 0,01 persen dari PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia sebagai dana penjaminan serta 0,1 persen sebagai fee broker.

"Besarannya berapa masih belum, masih digodok, masih ada syarat minimum transaksi untuk mendapatkan insentif tersebut," imbuhnya.

Menurut Nicky, pemberian diskon ini sebagai upaya BEI sebagai regulator pasar modal untuk mempercepat calon peserta tax amnesty menempatkan dananya di pasar modal.

"Insentif ini untuk mempercepat masuknya dana ke pasar modal, BEI juga melakukan antisispasi untuk kemungkinan pelaporannya bisa lebih awal," pungkasnya.

Kompas TV Inilah Konsekuensi Pengaju Pengampunan Pajak
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.