BI: Dana Repatriasi Pengampunan Pajak Mulai Banjiri Indonesia pada Akhir 2016

Kompas.com - 21/07/2016, 19:44 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) optimistis progran pengampunan pajak atau tax amnesty akan berhasil dan banyak dana repatriasi yang akan masuk ke Indonesia.

Akan tetapi, dana tersebut diprediksi akan mulai masuk pada akhir tahun 2016. "Kalau kami masih menggunakan penghitungan BI, kami optimis khususnya dana repatriasi kami perkirakan akan masuk di akhir Desember," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Juda menjelaskan, karena yang masuk cukup besar, dana tersebut harus dikelola dengan baik.

Terkait besaran dana yang masuk ke Indonesia dari program pengampunan pajak, bank sentral memprediksi dana repatriasi yang masuk mencapai kisaran Rp 560 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menjelaskan, BI mendukung implementasi pengampunan pajak, yang tertuang dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak.

Tirta menyatakan, bank sentral menyatakan akan ada banyak manfaat dari program ini.

"Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan fiskal pemerintah dalam membiayai program-program pembangunan dan berpotensi menambah likuiditas perekonomian nasional yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi produktif di dalam negeri," jelas Tirta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.